Kumpulan Fatwa Ulama

Minggu, 29 April 2018

Jihad Melawan Orang-orang Munafik Bukan Seperti Jihad Melawan Orang-orang Kafir (Fatwa Syaikh Ibnu Baz)

Jihad Melawan Orang-orang Munafik Bukan Seperti Jihad Melawan Orang-orang Kafir (Fatwa Syaikh Ibnu Baz)

Pertanyaan:
Apakah jalan terbaik untuk menghadapi peperangan yang dikobarkan terhadap Islam dari sebagian umat Islam sendiri, sama saja mereka berasal dari kalangan sekularisme atau yang lainnya?

Jawaban:

Umat Islam harus menghadapi setiap senjata diacungkan terhadap Islam dengan senjata yang sesuai. Orang-orang yang memerangi Islam dengan pemikiran dan ucapan, harus dijelaskan kebatilan yang mereka pegangi dengan dalil-dalil teoritis rasio-nalis. Ditambah dalil-dalil syar'iyah: hingga jelaslah kebatilan keyakinan mereka. Dan orang-orang yang memerangi Islam dari aspek ekonomi, harus dihadapi bahkan diserang apabila memungkinkan seperti mereka memerangi Islam. Dan dijelaskan bahwa jalan terbaik untuk meluruskan ekonomi secara adil adalah metode Islam. Dan orang-orang yang memerangi Islam dengan senjata harus dilawan dengan yang sebanding dengan senjata mereka. Dan karena inilah, Allah سبحانه و تعالى berfirman,
"Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah neraka Jahannam. Dan itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya." ( At-Taubah: 73 dan at-Tahrim: 9).

Sudah jelas bahwa berjihad melawan orang-orang munafik bukan seperti berjihad melawan orang-orang kafir, karena jihad melawan orang-orang munafik bisa dengan ilmu dan penjelasan, dan jihad melawan orang-orang kafir adalah dengan pedang dan panah.
Rujukan:
Ad-Da’wah edisi 1288, 
12/11/1411 H. Syaikh Bin Baz.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.